Posted by Unknown On 3:23 PM
  Tutorial berikut merupakan sebuah tutorial singkat mengenai cara mebuat efek bayangan dengan Photoshop untuk menghasilkan efek bayangan atau drop shadow dengan cepat dan hasil yang baik. Umumnya kita membuat efek bayangan atau Drop Shadow dengan menggunakan Layer Style Drop Shadow yang bisa diakses dari panel Layer. Namun keterbatasan dari membuat efek bayangan dengan cara seperti itu di Photoshop adalah efek bayangan yang dihasilkan kurang fleksibel. Dalam tutorial kali ini saya akan memperlihatkan cara membuat efek bayangan dengan Photoshop yang lebih cepat dan fleksibel.
Untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan 2 foto berikut:




    Yang akan kita gabungkan menjadi satu komposit lengkap dengan efek bayangan yang akan kita buat.

Tutorial kali ini pada dasarnya adalah variasi dari penggunaan Layer Style Drop Shadow yang banyak digunakkan untuk membuat efek bayangan dengan Photoshop. Hanya saja dengan trik yang saya perlihatkan di video tutorial kali ini kita dapat membuat efek bayangan tersebut menjadi cukup fleksibel sehingga terlihat realistik sebagai bayangan. Sebagai tips tambahan, di video ini juga akan diperlihatkan penggunaan fitur filter Displacement di Adobe Photoshop untuk mendistorsi bayangan sesuai dengan kontur tanah sehingga bentuknya terlihat lebih baik.

Fitur filter Displacement ini sudah pernah saya perlihatkan di tutorial sebelumnya tentang membuat efek tato dengan Photoshop. Dengan menggabungkan trik Layer Style dan filter Displacement ini kita dapat membuat efek bayangan dengan Photoshop secara cepat dan realistik.




by: Fotografidesain.com


0 komentar:

Post a Comment